Parenting

Kawal Tumbuh Kembang si Kecil dengan Perlindungan Optimal

Anak Tantrum? Cubit Ibunya Dalam satu sesi tanya jawab seminar parenting yang pernah saya hadiri, pembicara meminta tolong moderator untuk mencubit seorang ibu yang bertanya bagaimana caranya agar anak tidak tantrum jika meminta sesuatu. Kenapa orang bertanya malah di cubit? Karena menurut pembicara itu, jika anak tantrum maka yang salah adalah kedua orang tuanya. Ada… Continue reading Kawal Tumbuh Kembang si Kecil dengan Perlindungan Optimal

WisataKu

[Trip] Ayam Penyet Pak Tjomot, Makassar

Ke Makassar kok bukannya makan coto, malah makan ayam penyet? Ayam penyet di Malang juga banyak, bikin sendiri di rumah juga bisa. Begitu kali ya, tanggapan spontan kalau saya bilang di Makassar kemarin, saya bukannya menikmati coto tapi malah ayam penyet. Tapi sebelum menanggapi, baiknya baca kisahnya dulu. Pasti ada dong penyebabnya kenapa saya malah… Continue reading [Trip] Ayam Penyet Pak Tjomot, Makassar

NaylaKu · SatriaKu

Polisi Sahabat Anak (dan Orang Tuanya)

“Ada urusan apa?” pertanyaan yang langsung terlontar disertai perubahan raut wajah dari beberapa teman kantor waktu saya ijin untuk terlambat ke kantor karena ada kegiatan di polres. Tanggapan spontan, setiap mendengar kata polisi, pasti asumsinya terjadi sesuatu yang tidak baik, lebih ekstrim lagi berkaitan dengan kejahatan. Kadang peran orang tua juga secara tak sadar ikut… Continue reading Polisi Sahabat Anak (dan Orang Tuanya)

PengalamanKu

Ngasak, Mengorek yang Tersisa

Jaman saya kecil dulu, paling senang kalau musim panen tiba. Panen, artinya kami, anak-anak kecil, akan memperoleh keasyikan yang dapat menghasilkan uang. Aktivitas yang kami tunggu-tunggu kala musim panen adalah ngasak. Ngasak adalah mencari sisa-sisa hasil panen yang tertinggal, yang terlewatkan tidak dipetik oleh para petani. Saat musim panen padi, kala untaian butir padi sudah… Continue reading Ngasak, Mengorek yang Tersisa

WisataKu

Mie Lendir, Manis dan Pedasnya Mantap

Lendir, mendengar kata ini bisa jadi dalam pikiran kita terbayang “sesuatu” yang tidak baik, menjijikkan. Tapi tidak dengan yang satu ini, yaitu mie lendir. Pertama baca tulisan “mie lendir” pada beberapa warung makan di kota Tanjung Pinang. Sepanjang perjalanan dari hotel ke lokasi bertugas, banyak sekali yang jualan. Jadi penasaran dong tentunya, kok banyak yang… Continue reading Mie Lendir, Manis dan Pedasnya Mantap

LombaKu

Lazada, Diskon dan Layanannya bagai Candu

Sejak punya anak, saya jadi males keluar rumah untuk urusan belanja berbagai macam barang. Gara-garanya, kalau lagi asyik milih-milih barang, bocah-bocah nggak sabar nungguin. Ngajak ke sinilah, ngajak ke situlah, ngajak makan, bahkan ngajak pulang. Alhasil, barang belum di dapat, tapi capeknya tetap. Untung ya hidup di jaman modern gini, nggak usah bolak-balik keluar masuk… Continue reading Lazada, Diskon dan Layanannya bagai Candu