PengalamanKu

Maut Itu Tak Kenal Waktu

Kematian pasti akan datang. Kematian pasti akan menghampiri kita semua. Jika dia telah datang, tak ada yang dapat menghindar. Tak ada yang kuasa menolak. Walau berlari kencang, walau bersembunyi, dia akan tetap menemukan kita.

Kala mendengar kabar tentang kematian, ada kalanya kita hanya diam dalam hati memaklumi. Oh, iya dia sudah lama terbaring sakit, badan selalu lemah, tak banyak harapan lagi. Oh, iya dia sudah tua renta, sekian tahun hanya dapat beraktivitas di pembaringan. Oh, iya dia sudah beberapa hari koma karena kecelakaan yang dialaminya.

Ada kalanya pula, kita seakan menolak, tak percaya. Tadi malam kami masih ketemu dan dia tampak sehat dan baik-baik saja. Kemarin kami masih asyik ngobrol berdua. Tak mungkin, kemarin dia masih jalan denganku. Seberapa pun kuat rasa tak percaya dan penolakan kita akan kabar itu, namun kabar itu benar. Dan yang telah pergi tak akan kembali lagi.

Pun pagi ini. Aku mendapat kabar kematian salah satu teman kerja di kantor. Setelah hampir seminggu terbaring di rumah sakit, akhirnya Allah berkehendak memanggilnya. Ada beberapa teman yang tak percaya. Waktu dijenguk, dia nampak sehat malah banyak cerita, ngobrol macam-macam, bahkan ketawa-ketawa. Ada juga yang memaklumi, oh sudah takdirnya.

Pagi ini, aku kembali diingatkan, bahwa suatu saat pun aku akan mengalami hal yang sama. Aku meninggalkan orang-orang yang kucintai, atau aku akan ditinggalkan orang-orang yang kucintai.

Bila waktu yang memanggil

teman sejati tinggallah amal

Menanam amal baik sebanyak-banyaknya. Agar saat meninggal, kita tinggalkan kesan baik pada orang-orang yang kita tinggalkan. Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Tinggalkanlah nama dan kesan yang baik. Jangan sampai orang-orang menggunjingkan keburukan kita saat kita telah tiada. Jangan sampai yang diingat adalah perilaku buruk kita.

Iklan

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s