RamesanKu

Hari Perempuan Sedunia

Pagi-pagi buka twitter, ada yang ngucapin happy woman’s day. Pas buka fb, ketemu lagi yang ngucapin selamat hari perempuan. Baru tahu aku kalau hari hari perempuan sedunia. Kuper banget yak?

Perempuan. Seharusnya kita bangga menyandang anugerah menjadi perempuan. Ada hari ibu dan tak ada hari bapak. Kini aku tahu ada hari perempuan, tapi tak ada hari lelaki. Perempuan memang istimewa. Karena itulah, nabi pun pernah bersabda jika baik perempuan di suatu bangsa maka baiklah bangsa itu. Sebaliknya jika buruk perempuan di suatu bangsa maka buruklah bangsa itu. Baik dan buruk disini bukan dalam artian fisik lho. Tapi dalam perilaku.

Wanita itu tiang negara. Dari sebuah keluarga, seorang wanita mendidik anak-anak dengan baik. Anak-anak tumbuh dalam limpahan kasih sayang, diajari bersikap sopan, diajari berbagai ketrampilan hidup. Anak tumbuh dewasa dengan membawa kenangan baik terhadap keluarga, mereka tumbuh menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat. Sebaliknya, jika sang ibu tak bisa mendidik anak dengan baik, maka anak-anak tumbuh menjadi generasi frustasi.

Dalam sebuah keluarga, seorang wanita mendampingi suaminya. Memberikan saran yang baik, menguatkan kala suami sedang terpuruk, tak menuntut hal-hal diluar kemampuan sang suami. Suami betah di rumah, suami bekerja dengan tenang di luar rumah. Sebaliknya, seorang perempuan juga dapat menjerumuskan suaminya ke dalam hal yang tidak baik. Mempengaruhi untuk menggelapkan dana perusahaan, misalnya. Demi memenuhi keingingan perempuan terhadap hal-hal diluar kemampuan finansial sang suami.

***

Di hari perempuan sedunia, sayangnya mungkin seperti aku juga, yang tak tahu bahwa ini hari mereka. Bahwa ini hari kita. Bahwa ini hari perempuan.

Emang kalau tahu ini hari perempuan, mau ngapain?

Eh, mau ngapain? Nggak ngapa-ngapain juga hehehehe….

Tapi yah, paling nggak aku bisa buat tulisan tentang perempuan gitu lho. Sedikit refleksi terhadap nasib perempuan yang masih sering dipinggirkan. Tentang perempuan yang sekedar jadi obyek seks. Tentang perempuan pekerja keras yang berjuang menghidupi keluarganya, sementara suaminya entah berada dimana. Tentang perempuan tangguh yang turut memeras keringat demi menjalankan ekonomi keluarganya. Tentang perempuan yang dimuliakan para lelaki. Tentang perempuan yang direndahkan kaum lelaki.

Ada banyak kisah tentang perempuan. Kisah menyenangkan. Banyak pula kisah yang membuat hati miris, membuat mata menangis, membuat tangan mengelus dada.

Ah, perempuan. Memang obyek yang tak pernah habis untuk dikupas. Tak pernah habis untuk dibicarakan.

Banggalah anda sebagai seorang perempuan. Jika anda lelaki, banggalah terhadap perempuan yang mendampingi hidup anda, banggalah pada anak-anak perempuan anda.

Iklan

18 thoughts on “Hari Perempuan Sedunia

  1. Selamat hari perempuan yah mbak…:) jiahhhhh telat hehehe…nggak pa pa ya..setiap hari kan harinya perempuan..:) tugas perempuan tuh berat lho…
    kemarin juga tahunya baca dari FB posting kawan….

  2. tanpa perempuan, pria menjadi lemah
    dan karna perempuan jugalah pria menjadi kalah.

    perempuan hebat ya mbak 🙂
    saya bangga dilahirkan sebagai perempuan ^^/

  3. selamat hari perempuan
    memang perempuan itu sangat istimewa, karena istimewanya ada dua hari yang di peruntukan untuk perempuan seperti di tulis di atas..
    dan lagi saya belum pernah dengar ada bapa pertiwi yang ada ibu pertiwi atau ibu kota gak ada kan bapak kota hehe?? terus lagi ibu negara ada gak bapak negara ?

    1. ah iya, ibu pertiwi dan ibu negara 🙂
      makasih tambahannya.
      lelaki dalam beberapa hal juga istimewa, sebagaimana halnya perempuan. Lelaki dan perempuan sama-sama istimewa dan saling melengkapi

    1. heheheh aku yang perempuan aja juga baru tahu. Untung punya akun fb dan twitter, klo nggak, mungkin sampai sekarang juga nggak tahu 🙂

      Yiha, perempuan identik dengan lemah lembut

    1. hihihi…. udah ada juga hari anak lho ya
      ayo para lelaki, bikin event apa gitu kek yang berhubungan dengan lelaki, biar nanti hari pas event itu diperingati sebagai hari lelaki 🙂

  4. Wanita pendamping pria akan sangat berarti jika di-uwong-ke oleh suami. Dalam suka dan duka mendampingi suami. Tatkala anak sakit, si ibu rela tidak tidur untuk menjaga buah hatinya agar cepat sembuh lewat untaian doa.
    Bagaimana pun lak-laki akan lumpuh jiwanya jika terlalu kolokan=manja saat ditinggal istri mati. Selamat hari ibu…jayalah ibu yang telah melahirkan generasi baru penerus bangsa.

    1. saya juga kurang simpatik dengan lelaki yang apa-apa harus dilayani istri. Dari bangun tidur hingga mau tidur semuanya disiapkan istri. Handuk, baju ganti, sarapan, makan siang dst. Nah pas istri sakit dan harus berbaring ditempat tidur, suami jadi nggak keurus (dan tak bisa mengurus diri sendiri), rumah kotor dan berantakan, cucian numpuk, tak ada makanan.

      lelaki pun selayaknya tahu dan bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s