PengalamanKu

Catatan ToT Penguatan Kepala Sekolah Hari 4

Sudah masuk hari ke empat. Materi hari ini adalah Supervisi akademik, kewirausahaan dan penelitian tindakan kelas (PTS).   Saat ini masih berlangsung materi kewirausahaan, tugas kelompok dan mepresentasikan hasilnya. Jadi bisa mencuri waktu buat posting hehehehe….

Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan kepala sekolah untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran. Kalau secara teknisnya, dapat dilakukan dengan cara guru melihat proses pembelajaran dikelas dan membuat catatan-catatan. Tentunya kepala sekolah sudah membuat kesepakatan dengan guru yang akan disupervisi, kapan waktunya, apa saja yang akan dinilai. Jadi guru dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Hasil supervisi selanjutnya dibicarakan oleh kepala sekolah dengan guru yang bersangkutan. Tentunya harus ada tindak lanjutnya.

Ada dua macam supervisi, yaitu akademik dan klinis. Akademik, jika inisiatif dari kepala sekolah dan bertujuan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Klinis, jika inisiatif dari guru yang bersangkutan. Barangkali guru tersebut memiliki masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan membutuhkan bantuan kepala sekolah untuk mencari solusinya.

Materi kedua adalah kewirausahaan. Bagian ini membahas sifat-sifat wirausaha yang harus ditanamkan pada para siswa. Jadi sekolah berorientasi bisnis? bukan itu maksudnya. Jiwa wirausahanya yag diambil, bukan sisi perolehan keuntungan, dalam hal ini materi yang akan diperoleh.

Jiwa wirausaha yang harus ditanamkan di sekolah, antara lain inovatif, kerja keras, motivasi kuat dan pantang menyerah serta kreatif.

***

Hmm…. makin berat aja tugas kepala sekolah ya.

Iklan

7 thoughts on “Catatan ToT Penguatan Kepala Sekolah Hari 4

  1. saya bukan seorang guru…jadi pastinya ga paham..

    kalimat terakhir dalam post di atas semoga saja bisa tercapai dan semoga tertaman di benak para siswa..
    karena hanya dengan jalan itulah kita akan mampu untuk bersaing dengan sehat dalam kehidupan nyata nantinya..

  2. wirausaha??? diberikan??? wah keren..sip sip harus ditanamkan tuh pada anak didik..biar kelak bisa menghadapi kenyataan kehidupan dengan bekal yang dipunyai dari sekolah..sip sip..
    thanks for sharing..

    1. sayangnya banyak sekolah (terutama kepala sekolah) masih bingung gimana cara menanamkan jiwa wirausaha itu. memang dibutuhkan kepala sekolah yang kreatif dan mau berpikir keras untuk memajukan sekolahnya

    1. iyalah, lapangan kerja makin sempit, peminat makin banyak, saingan tentunya juga makin berat.
      *sambil merenung sendiri, kapan aku mampu menciptakan lapangan kerja yach….*

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s