NaylaKu

Kala si Bungsu Mogok Mandi

Menjelang bulan Juni, seperti tahun-tahun sebelumnya, maka udara di malang menjadi lebih dingin. dd yang biasanya siang malam kalau tidur mesti pakai kipas angin, kini tak mau lagi pakai kipas. Dingin, katanya. Biasanya pagi-pagi dah ribut minta mandi, jadi agak malas jika disuruh mandi, kata si mbak jam 9 atau 10 baru mau diajak mandi

Sabtu minggu, seperti biasanya saya libur. Dan biasanya itu adalah hari bermalas-malasan. Bisa bangun siang, kecuali diganggu ama dd yang duluan terbangun. Masak juga, bisa agak siangan, toh cuma berdua di rumah. Mencuci… dirapel 2 hari sekalian aja, cucian juga cuma dikit. Atau sekalian Senin aja biar si mbak yang nyuci :). Perlu diketahui, si mbak datang ke rumah cuma hari senin-jumat. Jam kerjanya jam 6.45 – 16.00, diluar hari dan jam itu, saya hanya berdua saja dengan dd.

Berhubung sabtu hari bermalas-malasan, saya juga tenang-tenang saja kala si dd nggak segera minta mandi. Malah bersyukur, karena saya nggak harus ikut menyentuh air yang dingin. Jam 9 an, dd minta minum susu sambil berbaring di kamar. Saya elus-elus punggungnya dengan satu tangan, tangan satunya asyik sembunyi-sembunyi sms an ama papanya. Si dd ini paling nggak suka lihat mamanya pegang hp kalau lagi nemeni dia main. Kalau ketahuan, hpnya pasti langsung di rebut dan dilempar.

Agak lama saya sms an, agak aneh juga kok nggak ketahuan si dd. Saya tengok dia, rupanya sudah tertidur. Mumpung dd tidur, mulailah saya beres-beres rumah, masak dan mandi.

Jam 11 an dd bangun, dikasih makan lalu asyik main-main lagi sampai sore. Dia nggak minta mandi. Saya tawari buat mandi, dia menggeleng. Pas ngantar pipis ke kamar mandi, selalu saya tawarkan untuk mandi sekalian, tetep aja nggak mau.

Sore berlalu dan akhirnya menjelang maghrib. Sekali lagi saya tawarkan untuk mandi. Tetep juga nggak mau. Ya sudahlah, khusus hari itu dd nggak mandi. Untung juga cuaca dingin, jadi nggak banyak keringat keluar walau dd banyak aktivitas. Tapi bau asemnya tetep saja ada. Tiap kali saya goda kalau badannya bau asem karena nggak mandi, si dd malah nyengir.

 

Iklan

19 thoughts on “Kala si Bungsu Mogok Mandi

  1. Ketika buka blog ini selintas sepertinya saya kenal, trus saya pastika bahwa itu Ibu Nanik ternyata benar. Masih ingatkah ibu kemaren bulan November Ibu ke Jayapura atas undangan dispora Papua sebagai team penyaji materi Diklat. Kapan Ke Papua Lagi…,Salam dari Nugroho Serui-Papua, Peserta diklat.

    1. masih ingat pak. diklat paling seru, peserta lain dah istirahat kita masih terus saja πŸ™‚
      Mudah-mudahan tahun ini diundang lagi ke jayapura πŸ™‚

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s