PengalamanKu

Saatnya Memilih

Barusan selesai rapat mengenai program e-learning yang diadakan di instansi saya. Saya memang kebagian untuk menangani satu mata diklat yang pembelajarannya tahun ini menggunakan metode blended learning (pembelajaran online dan tatap muka). Minggu ini adalah minggu ketiga untuk pembelajaran online. Direncanakan, tanggal 18-22 Juni nanti saatnya pembelajaran tatap muka.

Di kelas yang saya kelola, pesertanya termasuk paling banyak dibandingkan kelas-kelas lain. Ada 112 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dari sekian banyak itu, yang berkesempatan untuk memperoleh pelatihan secara tatap muka di malang hanya 12 orang. Dan saya, selaku penanggungjawab kelas harus melakukan seleksi untuk memilih 12 orang tersebut.

Instrumen seleksi sudah ada, walaupun saya juga diberi kebijakan khusus untuk memilih. Instrumen untuk seleksi diantaranya keaktifan mengikuti pembelajaran online (mengakses materi, mengerjakan kuis, aktif di forum diskusi maupun chat) dan juga nilai kuis serta ujian akhir yang semuanya dilakukan secara online. Jadi harus memelototi log setiap peserta nih jadinya.

Kebijakan khusus yang bisa saya jadikan pertimbangan antara lain, memperhatikan daerah asal para peserta, terutama peserta dari wilayah timur Indonesia. Saya sih pengennya lebih banyak peserta yang diundang ke malang ini berasal dari wilayah timur, agar nanti sepulang dari malang, mereka bisa jadi perpanjangan tangan untuk menyebarkan pengetahuan baru pada teman-temannya.

Tak ada peserta yang saya kenal secara pribadi. Tak ada yang pernah bertatapmuka sebelumnya dengan saya. Mereka adalah guru-guru SMK yang tergabung dalam MGMP. Macam-macam mata pelajaran yang mereka ajarkan disekolah asal mereka.

Mudah-mudahan pilihan saya tidak salah. Mudah-mudahan orang-orang yang saya pilih benar-benar orang yang butuh dan haus ilmu. Mudah-mudahan mereka bukan orang yang pelit ilmu dan mau mengajarkan pada teman yang lain nantinya.

10 thoughts on “Saatnya Memilih

Silakan meninggalkan jejak

