WisataKu

[Trip] Jalan Panjang Menuju Lhokseumawe

Kalau memang namanya belum rejeki, dikejar sampai ngos-ngos an juga nggak bakal jatuh ke tangan kita. Tapi kalau namanya sudah rejeki, kita duduk diam pun, pasti bakal mendatangi kita. Kayaknya seperti itu juga deh kisahnya waktu saya dapat tugas ke aceh, tepatnya lhokseumawe tanggal 4 – 8 Juni kemarin.

Ceritanya, dari awal emang sudah sepakat antara pimpinan unit kerja saya dengan pihak smk 2 lhokseumawe. Materi diklat, waktu dan pembiayaan. Semua sudah disepakati. Tapi rupanya pimpinan tertinggi di instansi saya tak mengijinkan saya berangkat. Pimpinan unit kerja sudah berusaha melobby, tapi hingga hari jumat, 1 juni pukul 15.30, waktunya pulang kantor, keputusan tetap sama saja. Saya nggak diijinkan berangkat.

Ya sudahlah, saya juga senang nggak jadi berangkat. Karena suami dan babang juga baru pulang ke malang hari kamis, 31 Mei. masak mereka datang, malah saya keluar kota. Walau kecewa juga karena batal ke aceh, tapi senang juga karena bisa punya banyak waktu bersama babang.

Mendadak, hari jumat itu juga, menjelang maghrib sekitar jam 18.00 saya ditelpon pimpinan unit kerja saya. “Nanik, kamu berangkat ke Aceh minggu besok” Hadeuhh………..

Lah, padahal udah punya acara kangen-kangenan ama abang besar dan juga si abang kecil, tapi minggu harus berangkat! Padahal juga tadi siang ada undangan untuk pembekalan calon fasilitator penguatan kepala sekolah tanggal 5 dan 6, padahal dah mengagendakan mau monitoring mahasiswa yang lagi praktek di jakarta tanggal 7. Tapi mendadak semua jadwal harus diubah lagi.

Setelah tawar menawar dengan pimpinan unit kerja, serta menghubungi langsung pihak smk di lhokseumawe, disepakati saya jadi berangkat kesana. Tapi saya nggak mau berangkat hari minggu. Saya mau berangkat hari senin aja. Mereka setuju.

***

Senin pagi, tanggal 2 Juni. Jam 02.00 hp saya sudah berdering. Sepagi ini, siapa yang telpon, ternyata dari travel, nyuruh saya siap-siap, karena sejam lagi mau dijemput. Hah, sejam lagi? Bukannya kemarin saya pesan travel yang jam 04.00, kok jam 03.00 udah mau dijemput. Rupanya yang jam 04.00 udah penuh, jadi karena saya telponnya juga mendadak, pihak travel mengiyakan saja, dan saya dikasih yang jam 3.

Jadilah, sepagi itu, saya beranikan diri mandi. Ditengah hawa dingin dan dengan air dingin pula. Menjelang jam 3, jemputan datang. Berangkatlah saya ke surabaya, dan sukses tidur hampir disepanjang jalan malang-surabaya.

Jam 5 lewat dikit nyampe bandara juanda. Pesawat jam 8, masih lamaaaaaaaaaaaa.

Untungnya pesawat tepat waktu. Jam 8 terbanglah saya menuju Batam, lalu sambung ke medan. Sampai medan jam 12.30. Nunggu bagasi diturunkan, lalu keluar bandara. Perut rasanya sudah nggak enak banget karena dari pagi belum diisi makanan.

Dibandara, tanya ama tukang ojek, ada nggak travel ke lhokseumawe. Si abang tukang ojek bersedia ngantar ke pool nya (dengan ongkos yang disepakati tentunya). Ternyata bukan travel, tapi bis. Ya sudahlah, naik bus pun tak apa. Jadwalnya bus berangkat jam 14.00.

Jam 14.00 berangkatlah ke lhokseumawe, nanya-nanya bakal berapa lama. Katanya 7 – 8 jam. Alamaaaaak lama sekali. Terbayang deh jalanan berliku-liku selamaΒ  jam, perutpun langsung jadi mual. Bismillah, semoga nggak mabuk deh.

Rupanya jalanan nggak banyak berliku. Banyak yang lurus, jadi perut juga aman-aman aja. Nggak ada peristiwa khusus selama dalam bus. Yang asyik cuma jalan malam hari ditengah siraman bulan purnama. Jam 22.32 sampailah saya di terminal Lhokseumawe. Udah ada yang jemput, langsung diantar ke hotel. Tanpa cuci muka, tanpa ganti baju, langsung melontarkan tubuh ke kasur.zzzzzzzzzzzz………..

22 thoughts on “[Trip] Jalan Panjang Menuju Lhokseumawe

  1. Wah enak sekali Jalan-jalan Dari ujung Timur Sampeee Ujung Barat Indonesia, Trus udah Dari Ujung Utara ke Ujung Selatan Indonesia ato blm Bu…?, Kalo saya cuma di ujung timur aja nggak bisa balik.., he..he..

    1. baru jayapura, melum merauke πŸ™‚
      baru nyampe lhokseumawe, belum ke sabang πŸ™‚
      kan lagunya dari sabang sampai merauke

      wah ujung utara selatan negara kita dimana ya? nggak ada lagunya sih jadi nggak tahu

  2. slamat malam.
    mbak,sy mw tanya. di lhoksumawe kemarin bei oeh2 dmn,ya?
    karna sy skg sedang di hoksumawe tp koq ya yg jual cuma 2 tempat.
    skaian mw tanya, plg dr lhoksumawe naik apa?
    paling maam jam berapa angkutan/bis-nya.
    terima kasih.

    1. Wah klo toko oleh2 kurang tau mbak, soalnya kemarin oleh2 dah dibeliin ama panitia πŸ™‚

      Untuk pulangnya saya lewat medan lagi, dari lhokseumawe naik travel (mobilnya L300) berangkat jam 9 malam. Langsung diantar ke bandara polonia, sampe bandara sekitar jam 5 pagi. Mobilnya tanpa AC. Ongkosnya 80 ribu

      Ada juga bis ke medan, lupa namanya, brangkat dari lhokseumawe sekitar jam 10 malam, ber AC. Ngetemnya diterminal lhokseumawe. Klo mau balik hari jumat, sebaiknya pesan tiket jauh hari sebelumnya, karena klo jumat malam banyak penumpang ke medan. Saya dulu nyari tiketnya jumat pagi, tapi dah habis

  3. Aku kangen lhokseumawe. Dulu pernah tinggal di sana 18 thn πŸ™‚ ..papaku kerja di perusahaan oil and gas di sana mba. Jd kita lama sekeluarga di aceh. Kalo naik bis memang agak lama, tp kalo naik mobil pribadi, medan lhok cm 6 jam πŸ™‚ .. Agustus besok aku mau reunian ke sana lagi. Kangen bangetttt. 17 thn ga prnh nginjakin kaki lg k sana, sjk GAM dulu marak.. Krn kita bukan penduduk asli, jd waktu itu takut ama ancaman gam yg bakal menculik dan membunuh para pendatang.. Beberapa temen dan papa temenku udh ada jd korban soalnya.

    Skr sih udh aman yaa… Makanya aku pgn liburan ksana bulan dpan

Silakan meninggalkan jejak

