PengalamanKu

Pelajaran Berharga di Jumat Pagi

Sepulang dari berbelanja ke pasar, jalan yang biasa saya lalui mulai rame. Jalan tembus itu memang selalu ramai kalau pagi, karena mengarah ke SMP dan SMK, ada pula kompleks perkantoran dimana saya bekerja. Seperti biasanya, karena berjalan kaki, saya pasti mengambil jalan di pinggir. Ya, iya lah, kalau ditengah kan bisa dimarahi orang banyak.

Dari arah belakang, ada anak berseragam SMP naik sepeda mendahului saya. Belum jauh didepan saya, tiba-tiba dia menghentikan sepedanya. Sepedanya belum berhenti sempurna, dia sudah melompat turun, sementara sepedanya otomatis jatuh tergeletak begitu saja. Anak itu setengah berlari, ke tengah jalan. Saya masih kaget aja dengan tingkah anak kecil itu.

Dan, sesuatu dalam genggaman kedua tangannya membuat saya menghela napas. Seekor anak kucing! Rupanya, dia tadi bergegas karena ingin menyelamatkan anak kucing yang kebingungan ditengah jalan. Anak itu lalu menaruh si anak kucing di pinggir jalan, mengelus-elus sebentar lalu kembali berjalan ke arah sepedanya dan melanjutkan perjalanannya ke sekolah.

***

Sebuah pelajaran berharga dari seorang anak kecil yang memiliki kepedulian terhadap kondisi sekitarnya. Jika dulu waktu kecil, saya sering diajarkan untuk menyingkirkan duri yang ada dijalan, agar tak ada orang yang terluka karena menginjak duri tersebut. Maka pagi ini saya mendapatkan pelajaran yang saya pikir lebih tinggi nilainya. Menyelamatkan nyawa makhluk yang terlantar di jalanan.

Saya yakin, anak kecil itu selalu ditanamkan nilai-nilai kebaikan dalam keluarganya, hingga ditengah lalu lintas yang lumayan ramai, dia mau berhenti dan menyelamatkan anak kucing itu.

 

16 thoughts on “Pelajaran Berharga di Jumat Pagi

  1. belajar memang bisa drmn saja ya mbak, dari anak kecil yg mbak ceritakan di atas juga bisa kita ambil pelajaran berharga

  2. Subhanallah..Semoga diberkahi lah anak itu sampai besar..Yah menunjukan social care gak mesti dari yg besar-besar saja ya Mbak..Kita bisa melakukannya dari yang kecil tapi nantinya akan memberi dampak besar 🙂

Silakan meninggalkan jejak

