SatriaKu

Belajar Kejujuran dari Anak-anak

Kemarin pagi, saat mau berangkat kerja kebetulan anak-anak masih asyik berendam dan bermain busa di baknya masing-masing ditemani si mbak. Dari balik pintu saya pamitan ke si mbak. Babang yang mendengar suara saya langsung berteriak “mama mau mana”. Klo saya jawab mau ke kantor, bisa ribut nanti. Karena biasanya juga susah sekali klo pagi mau pamitan ke kantor. Prosedur membujuknya kadang lama kadang cepet. Karena waktu sudah mepet dan saya ada jadwal ngajar pagi, maka saya jawab aja “mau usir kucing dulu”. Beres deh, tak ada insiden tangisan dan bujuk membujuk pagi ini

Saat istirahat siang, seperti biasanya saya pulang ke rumah. Sampai depan pintu langsung disambut pelukan babang plus kalimat “babang sayang mama”. Rasanya semua lelah hilang. Dilanjut pertanyaannya “mama dari mana?”

Spontan saya jawab “dari kantor”

“Lho, bukan dari kantong, dari usil kucing”

Deg

***

Selera makan saya jadi ilang. Saya jadi merasa sangat bersalah. Kenapa tadi pagi harus bohong sama babang, dan sekarang kena batunya deh.

Saya jadi mengoreksi diri kembali, untuk selalu berhati-hati berucap dan berbuat dihadapan mereka. Karena mereka pastinya akan meniru apa yang saya katakan dan saya lakukan. Karena itu saya harus bisa memberikan contoh yang baik dihadapan mereka.

Makasih nak, kembali mengingatkan mama untuk selalu menjaga sikap dan perilaku mama

 

24 thoughts on “Belajar Kejujuran dari Anak-anak

  1. keberhasilan mendidik anak bermula dari sikap kejujuran kita. saya jadi ingat rasul menegur ibu yang panggil-panggil anaknya dan ia bilang mau kasih sesuatu. rasul bertanya apa betul mau ngasih?

  2. babang ingatannya kuat ya….
    mungkin bisa dikasih tahu aja , ke kantor ..itu dekat kan.., nanti makan siang mama kan akan makan di rumag…
    lama2 kurasa bisa ngerti…, tapi rata2 anak kecil gitu deh
    anakku dulu juga gitu,

Silakan meninggalkan jejak

