PengalamanKu

Mengenal PIK-R

PIK-R bukan PIKIR lho ya… meski bedanya tipis. Yang pertama garis horisontal, yang kedua garis vertikal. Apa itu PIK-R?

Saya juga baru hari ini kenal istilah itu. Kebetulan hari ini lagi dinas keluar kota, ketemu sama kepala sekolah salah satu SMK di Mojokerto. Beliau bercerita tentang PIK-R yang ada di sekolahnya. PIK-R  = Pusat informasi dan konseling remaja. Adalah program kerjasama pihak sekolah dengan BKKBN.

Program ini muncul dari keprihatinan terhadap pergaulan remaja yang makin bebas tak terkendali dan keengganan remaja untuk membicarakan masalahnya dengan orang yang lebih tua (orang tua, guru BP, guru mata pelajaran). Para remaja biasanya lebih terbuka dengan teman-teman sebayanya.

Secara berkala, diadakan razia HP di SMK tersebut, dan temuannya membuat miris. Foto, video porno tersimpan di hp para siswa. Sms-sms jorok terekam di inbox mereka. Keprihatinan terhadap hal inilah yang membuat kepala sekolah tersebut membuat program untuk memanfaatkan hp untuk hal-hal yang lebih positif

Teknisnya, ada satu sms center yang melayani apapun pertanyaan para siswa berkaitan dengan masalahnya. Kerahasiaan mereka terjaga. Yang menjawab sms tersebut juga para siswa yang telah lolos seleksi dan mendapatkan pelatihan dari BKKBN. Bagaimana jika siswa yang ditunjuk tak bisa menjawab pertanyaan tersebut? Maka pertanyaan akan diteruskan ke pihak BKKBN untuk membantu menjawab.

Apa sih isi pertanyaannya? Macam-macam. Sebagian besar berkaitan dengan masalah sex. Dari pertanyaan2 yang masuk, dapat diketahui bahwa sebagian besar para remaja itu telah melakukan hubungan sex! Miris bukan?

Saya cuma bisa geleng-geleng kepala saat kepala sekolah itu menyebutkan beberapa contoh pertanyaan yang masuk. Terlalu vulgar kalau saya tuliskan disini, jadi biarlah saya simpan saja. Anda yang sudah dewasa dan sudah menikah, barangkali bisa memperkirakan sendiri bagian yang saya sensor ini

Iklan

10 thoughts on “Mengenal PIK-R

    1. sesekali di cek aja, bilang aja pinjam, klo langsung dikasih bisa jadi indikasi isinya baik2 aja, klo kasihnya ntar dulu bisa jadi ada sesuatu yang ga beres tersimpan disitu

  1. Aku juga baru tau dari sini kalau ada program PIK-R. Ini program sudah lama ya, bund?
    Kayaknya di Banjarnegara belum ada, belum pernah dengar. 🙂

    Kalau berbicara tentang kenakalan remaja itu tidak ada habisnya, Bund. Orang tua, Sekolah, Pemerintah, pasti sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menanggulaanginya.

    Tapi apa daya, media terus berkembang dan selalu ada inovasi2 dari iptek. Semua kembali pada diri sendiri ya, Bund. 🙂

  2. Betul sangat miris bgt, sungguh sangat jauh berbeda dg masa remajaku dulu….tapi mudah2an sekarang dengan adanya banyak konseling masalah sex…juga marak trend sekolah berdasarkan pendidikan agama yg kuat…juga besar keinginan para orang tua memasukan putra putrinya ke pesantren sambil sekolah, paling tidak meminimalisir perilaku remaja yang seperti sekarang ini terjadi.

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s