PengalamanKu

Ocehan Ngalor Ngidul

Tulisan ringan setelah sebulan tidak menengok blog ini. Bukan karena malas atau karena pengen berhenti ngeblog, namun semata-mata karena masalah koneksi dan tumpukan pekerjaan.

Sebulan kemarin bolak-balik jakarta-malang. Mulai acara penyusunan kisi-kisi UAN, penyusunan soalnya, penelaahan, uji coba hingga finalisasi. Setiap kegiatan dilaksanakan 3 hari di minggu yang berbeda. Jadinya bolak-balik deh. Ga efektif banget dan jadi boros ya, apalagi pulang pergi naik pesawat. Wuih, pokoknya banyak banget duit rakyat yang kepake. Heran juga, kenapa rangkaian kegiatannya nggak diteruskan aja, kenapa mesti diputus-putus 3 harian?

Ah, tapi itu kan jadwal acara dah ada yang ngatur. Saya sih tinggal terima surat tugas aja dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab πŸ™‚

Menyusun soal UAN! sebuah pekerjaan yang sangat berat saya rasakan. Bukan masalah UAN sendiri masih ada kontroversi, ada yang pro maupun yang kontra, tapi lebih pada apakah soal yang saya buat bisa mewakili kemampuan yang ingin diuji dari anak-anak? Apakah soal yang saya buat bisa mewakili untuk mengukur kemampuan anak-anak dari pelosok kampung hingga kota besar?

Yang membuat saya heran adalah, baru tiga hari saya selesaikan nyusun soal, saya diberi tahu oleh partner saya bahwa soal yang kami susun sudah beredar di milis MGMP guru mata pelajaran. Waks, bagaimana bisa? Saya tak pernah kasih tahu siapapun, masa panitia pengumpul soal yang telah membocorkan?

Penasaran, saya pun join di milis tersebut. Pengen tahu saja, bagaimana tanggapan para guru, sekalian barangkali bisa melacak siapa yang melontarkan soal tersebut ke milis. Tanggapan para guru “Soalnya susah banget, beda dengan tahun lalu” Tapi sampai sekarang masih belum ketahuan darimana kebocoran soal tersebut.

Klo soalnya dah beredar, terus gimana dong? Kata panitia yang punya kerja, dalam hal ini kemdikbud, ga masalah. Karena tidak 100% soal yang saya buat itu akan dikeluarkan saat UAN. Akan di campur dengan soal-soal dari bank soal yang sudah ada, dan bisa jadi soal-soal dari tahun lalu dan beberapa tahun sebelumnya. Yaaa……. tapi tetap saja namanya sudah bocor.

Selesai dengan urusan pembuatan soal, dilanjutkan lagi dengan masalah review spektrum SMK. Ini berkaitan dengan masalah perubahan kurikulum. Rencananya mau diberlakukan kurikulum baru di tahun 2013. Ini pekerjaan yang lebih berat lagi, merumuskan kurikulum!

Alhamdulillah semuanya dapat diselesaikan tepat waktu. Akhir tahun, pekerjaan utama dah habis. Tinggal menyelesaikan pekerjaan sampingan. Bisa lebih nyantai sebulan ke depan. Bisa tiap hari nengok blog dan jalan-jalan di dunia maya. Semoga tidak ada pekerjaan mendadak lagi

Iklan

14 thoughts on “Ocehan Ngalor Ngidul

  1. Terima kasih Jeng telah dengan sangat serius menggarap kepercayaan UAN, lah gimana nih barusan dibuat secepat itu merembes (eh bocor ya) keluar. Selamat menikmati tugas akhir tahun. salam

    1. Nah, nggak tahu juga kenapa bisa beredar gitu.
      Akhir tahun kayaknya tugasnya momong anak2 nih, banyak liburnya.
      Alhamdulillah bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka

    1. bener banget, buatnya sampai dibela-belain begadang, baca2 banyak referensi, eh kok tega banget ada yang bocorin.
      semoga saja segera ketahuan siapa yang menyebarkan, dan ditindak dengan tegas

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s