BacaanKu

Asyiknya Menikmati The Casual Vacancy

Bulan ini, alhamdulillah bisa beli buku baru lagi. Alhamdulillah juga punya energi dan banyak waktu luang untuk membacanya, jadi sudah terselesaikan buku yang lumayan tebal itu. Buku baru apa sih? Biasalah novel, kalau baca novel kan aku pasti bisa cepat banget selesai ๐Ÿ™‚

TCV

Bagi yang hobby membaca, pastinya tahu siapa itu JK Rowling. Yup, dia adalah penulis dari Harry Potter. Serial Harry Potter yang pertamanya di tulis tahun 1997 dan seri terakhirnya di tahun 2007. Jika Harry Potter ditujukan untuk remaja dan anak-anak (walau orang dewasa juga banyak yang tergila-gila dan selalu menunggu serial terbarunya terbit), nah, kini JK Rowling menulis novel edisi dewasa. Di sampul buku, edisi terjemahan, juga dituliskan bahwa itu novel dewasa.

Novel ini berkisah tentang kehidupan di Pagford. Silih berganti, menceritakan kondisi beberapa keluarga yang tinggal disana. JK Rowling sangat bagus menggambarkan perasaan orang-orang yang diceritakannya. Ada Samantha, istri dari Miles yang berseteru dengan ibu mertuanya. Perseteruan yang tak kasat mata. Mereka sering bertemu, bergaul, membicarakan berbagai hal. Sekilas tak tampak jika mereka berseteru. Namun Sam selalu puas jika dapat mengalahkan ibu mertuanya, Shirley, dalam topik-topik pembicaraan tertentu. Sebaliknya, Shirley pun sering dan selalu berusaha untuk menyindir menantunya itu dalam berbagai kesempatan.

Ada Simon yang anti sosial, tinggal dengan istrinya, Ruth, serta dua anaknya Andrew dan Paul. Simon yang tak suka bila ada orang berkunjung ke rumahnya, tak suka bergaul dengan tetangga sekitarnya, tak suka orang lain tahu tentang seluk-beluk keluarganya. Simon yang pemarah, yang dengan mudah memukul Ruth serta kedua anaknya. Andrew yang ingin selalu melindungi ibunya dari amukan amarah Simon, namun terbelenggu oleh rasa tak berdaya, rasa takut untuk melawan. Hanya bisa diam, membantah setiap perkataan Simon, namun hanya dalam hati.

Ada Krystal Weedon, gadis remaja yang memiliki ibu seorang pecandu, yang rela melakukan apa saja, termasuk menjual tubuhnya demi untuk bisa mendapatkan heroin. Krystal yang selalu dijauhi teman-temannya di lingkungan sekolah, karena sering mengumpat dan berkata kasar.

Ada Gavin, yang dari luar tampak sebagai orang yang sukses dalam pekerjaannya. Kadang membuat orang lain terpesona saat sedang berbicara. Namun disisi lain, dia punya ketakutan. Ketakutan yang selalu disembunyikannya, tak ingin ada seorang pun yang mengetahui.

Dan masih ada beberapa tokoh lagi yang digambarkan sangat bagus dalam buku ini. Semua kisah itu dibingkai dengan satu topik utama yaitu kematian Barry Fairbrother, seorang anggota Dewan kota. Kematian barry meninggalkan satu kursi kosong di dewan, kekosongan ini membuat beberapa orang berambisi untuk mengisinya.

Membaca buku ini, kadang membuat saya turut larut dalam emosi tokoh-tokohnya. Buku ini benar-benar menggambarkan realita kehidupan sosial. Ada persaingan diam-diam, ada yang suka mendominasi, ada yang ingin melawan namun tak berdaya, ada yang berambisi besar, ada yang suka pamer, ada yang hanya diam dan mengamati.

Buku ini sekaligus juga membuktikan bahwa JK Rowling tak hanya piawai mengarang cerita fantasi, namun juga cerita yang berasal dari realitas sosial yang ada. Saya merekomendasikan buku ini bagi anda yang suka membaca.

Iklan

19 thoughts on “Asyiknya Menikmati The Casual Vacancy

  1. Mbak…lugas banget bikin penggambaran tokoh-tokoh dari novel J.K. Rowling itu…duh, saya mah cepet lupa kalo nama-nama di novel terlalu banyak. Bahkan pernah lo, saya buat daftar nama di kertas kecil buat mengingat nama lengkap dengan karakter tokohnya, saking banyaknya nama disana dan tebalnya novel yang ditulis…hehe ๐Ÿ˜€

  2. di sini tokoh2nya juga banyak plus banyak karakter? aku kurang cocok sm harry potter krn hal itu, kebanyakan karalter bikin aku pusing mengingat karakternya drpd fokus sama ceritanya..

    1. Iya. Selain nama2 yang tersebut diatas, masih ada beberapa orang lagi. Howard salah satu anggota dewan, Maureen partner bisnis howard, Kay petugas dinas sosial dan anaknya Gaia, parminder jawanda dg ketiga anaknya, colin wakil kepala sekolah dan tessa istrinya yg guru BK. Dan msh ada beberapa tokoh lagi
      Sent from my BlackBerryยฎ
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  3. Jeng Naniek selamat rumahnya ditata ungu cantik nih.
    Terima kasih Jeng sudah berbagi bacaan dari JK Rowling, baru sedulit karya beliau yang luar biasa yang saya nikmati.
    Selamat berakhir pekan

    1. Iya, kemarin iseng liat2 theme WP, nemu yang ungu. Di preview, terus langsung dipake deh. Masih perlu di tambah pernak-pernik lagi ๐Ÿ™‚
      Sent from my BlackBerryยฎ
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s