PengalamanKu · Uncategorized

Makin Bersyukur dan Makin Cinta

Akhir-akhir ini baca dan lihat berita ketegangan di korea utara, saya jadi makin bersyukur terlahir di bumi indonesia. Korea Utara dan Korea  Selatan itu warganya warganya secara fisik memiliki ciri-ciri yang sama, bahasa yang digunakan pun sama, tapi terpisah menjadi dua negara, sering terlibat konflik pula.

Sekarang mari kita lihat bangsa kita. Ada banyak suku, ada banyak bahasa daerah, ada banyak dialek yang digunakan namun tetap dapat dipersatukan dalam sebuah negara. Masing-masing mau menerima bahasa indonesia sebagai sarana komunikasi yang menjembatani antar bahasa daerah. Coba kalau masing2 bersikeras untuk selalu menggunakan bahasa daerahnya dimanapun dia berada, atau minta bahasa daerahnya dijadikan bahasa nasional, wah sudah bakal terjadi peperangan terus-terusan di negeri kita ini.

Ada banyak pulau di negara kita, ribuan jumlahnya. Penduduknya juga memiliki ciri fisik yang beraneka ragam, kulit hitam, sawo matang, putih, kuning. Semua dipersatukan dalam sebuah negara. Sungguh, kita harus belajar dari nenek moyang kita dahulu. Yang dengan ikhlas, mengesampingkan keinginan diri, keluarga, suku untuk dipersatukan dalam ikatan sebuah negara.

Warga negara kita pun merupakan pejuang-pejuang tangguh yang tak suka meratapi nasib tanpa mau berusaha. Coba bayangkan berapa banyak warga kita, perempuan pula, yang hanya berbekal ijasah SD namun berani merantau dan bekerja di luar negeri. Berbekal tekad mereka berangkat. Walau kadang miris jika membayangkan mungkin ada beberapa yang nasibnya di luar sana jadi tak jelas. Namun tetap saja kita harus bangga pada semangat dan keinginan mereka untuk tak menyerah pada keadaan.

Apalagi yang dapat membuat kita makin cinta Indonesia? Sudikah kau berbagi disini kawan?

Iklan

4 thoughts on “Makin Bersyukur dan Makin Cinta

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s