BacaanKu

Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh

Menyesal, itulah kesan pertama setelah selesai membaca buku Supernova seri 1 (Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh) karangan Dee. Menyesal kenapa nggak dari dulu membeli buku itu, kenapa baru sekarang membacanya. Menurutku, novel ini keren banget!

supernova-ksatria-putri-bintang-jatuh

Sains dan fiksi digabungkan, dituliskan dengan sangat bagus. Ada banyak istilah sains, yang dulu waktu kenal pertama kali, definisinya sangat sulit aku cerna. Namun dalam buku ini, Dee menjelaskan dan membuat analogi serta contoh dari kehidupan sehari-hari, sehingga saat membacanya aku jadi manggut-manggut sendiri, sambil mengenang jaman2 dapat pelajaran fisika maupun biologi

Contohnya istilah gambar gelstat. Dulu aku tahu definisinya adalah gambar bergambar, sebuah gambar di dalam gambar lain. Sudah lama istilah ini aku lupakan, sampai teringat lagi setelah membaca buku ini, dan ternyata aku sering menggunakan gambar gelstat ini sebagai ice breaker dalam proses pembelajaran.

Jadi, gambar gelstat ini adalah sebuah gambar, yang jika kita melihatnya dari sudut pandang yang berbeda ternyata bisa bermakna ada dua gambar disana. Contohnya adalah gambar dibawah ini

01-Optical-Illusion

Coba deh perhatikan baik-baik gambar diatas. Dengan fokus yang berbeda, dapatkah kau menebak dua gambar apa yang ada dalam satu gambar itu?

Selama ini, jika browsing gambar2 kayak gini, aku selalu pakai kata kunci optical illusion, bukan gambar  gelstat.

Ada beberapa lagi istilah yang makin aku tahu maknanya, misalnya bifurkasi, paradoks  schrodinger dan masih banyak yang lain lagi.

Selain banyak muatan sainsnya, buku ini juga banyak muatan filsafatnya. Pokoknya nggak rugi deh beli dan baca buku ini.

Buku ini juga banyak menyindir perilaku masyarakat kita, pendidik yang moralnya tak layak untuk jadi pendidik, orang tua yang terobsesi dengan suatu hal dan menjadikan anaknya obyek untuk meraih obsesinya itu, orang-orang yang terjebak dalam rutinitas yang harus dijalaninya tanpa punya inisiatif dan kreativitas lagi.

Adalah Ferre, seorang eksekutif muda yang sedari kecil memimpikan dirinya bisa menjadi ksatria. Terobsesi oleh dongeng yang disampaikan oleh omanya waktu dia kecil dulu. Mendamba untuk dapat bertemu dengan sang putri, menjalin kasih dengannya.

Adalah Rana, seorang reporter, seorang istri dari lelaki yang sangat mencintainya. Yang merasa ada yang salah dalam ikatan perkawinannya. Dialah sang putri yang akhirnya bertemu dengan Ferre, menjalin kisah asmara terlarang.

Adalah Arwin, suami Rana yang hancur hatinya mengetahui bahwa istrinya ternyata jatuh cinta pada pria lain. Namun besarnya rasa cinta itu justru membuatnya rela untuk melepaskan Rana agar dapat bersatu dengan pria yang dicintainya. Cukup baginya untuk melihat wanita yang dicintainya bahagia, meski bukan dengan dirinya.

Adalah Diva, perempuan cantik, pintar, tidak kekurangan secara materi, sempurna. Sang bintang jatuh, yang ingin membuat orang-orang disekelilingnya sadar dengan kondisi dirinya. Yang dengan caranya sendiri, selalu mengajak orang untuk terus mencari kesejatian diri.

Adalah Dimas dan Reuben, sepsang kekasih, Gay. Berkolaborasi untuk menuliskan sebuah kisah. Bukan roman picisan. Bukan novel metropop. Bukan kisah misteri. Sebuah tulisan sains fiksi!

Semua tokoh tersebut terjalin dalam satu kisah. Terhubung oleh jaring laba-laba, dengan sang supernova sebagai penghubungnya.

 

Iklan

14 thoughts on “Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh

    1. hehehe… awalnya saya juga udah under estimate duluan karena yang nulis artis, paling ya novel romance gitu. Ternyata…. setelah membacanya saya yakin dibutuhkan banyak riset dan banyak baca literature untuk nulis novel ini. Novel ini juga menunjukkan keluasan wawasan penulisnya

  1. Untung mampir kesini, jadi tahu istilah gelstat..Dee itu bakat menulisnya luar biasa..dengan satu kalimat bisa menohok hati kita..Sesuatu yang aku pengen tapi belum bisa juga sampat sekarang Mbak..:)

    1. Iya bener, kalimatnya singkat, kata2 sederhana, namun tepat sasaran. Harus banyak latihan klo mau seperti dee mbak 🙂
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  2. Gabungan sainfiksi yang keren ya Jeng, sangat menikmati karyanya Partikel yg mewarnai postingan hari lingkungan hidup 5 Juni 2012 lalu. Selamat merampungkan membaca paket lain.

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s