LombaKu

[Indosat Super Wi-fi] Koneksi Lancar Diklat Sukses

Awalnya saya nggak ngerti apa itu Indosat Super Wi-fi dan apa manfaatnya bagi saya. Dikantor ada koneksi internet, di rumah saya jarang online, kalaupun perlu online, saya bisa gunakan blackberry saya.  BB saya pakai kartu IM3, dan pada saat mendaftar untuk paket BB, saya pun memperoleh sms yang isinya saya memiliki hak akses untuk menggunakan indosat super wi-fi secara GRATIS. Saya diberikan username dan password. Nah, pada saat itu saya pikir, saya nggak akan pernah pakai user dan password ini. Mau dipakai dimana coba? Di Malang, saya nggak tahu lokasi-lokasi yang ada fasilitas ini, saya juga termasuk orang yang nggak begitu suka keluar rumah kalau tak ada tujuan yang jelas. Jadi pelan-pelan sms yang berisi user dan password ini pun terlupakan, walau masih ada di inbox saya.

Suatu hari diawal April, saya dipanggil pimpinan. Ditawari, atau lebih tepatnya diperintahkan, untuk bertugas ke Bandung. Nasibnya bawahan kan harus ngikut pimpinan, jadilah saya iyakan. Segera ngurus surat tugas dan juga tiket buat ke Bandung. Jadilah tanggal 4-6 April saya ke Bandung, tepatnya di hotel Pesona Bamboe, Lembang.

Disana, saya bertugas sebagai salah satu fasilitator diklat “Pemanfaatan TIK untuk media pembelajaran” dengan peserta guru-guru TIK SMP se propinsi Bandung. Berhubung yang diberi pelatihan adalah guru TIK, saya hanya memberikan sedikit review saja terhadap materi yang sudah disiapkan, selebihnya adalah penugasan pada para peserta. Nah, bentuk penugasannya adalah peserta harus membuat media pembelajaran yang menggabungkan beberapa jenis media, baik berupa teks, gambar, animasi, suara maupun video. Pastinya banyak peserta yang tidak memiliki file-file yang dibutuhkan untuk diintegrasikan ke dalam satu media pembelajaran. Maka alternatif terbaik adalah download. Beberapa peserta membawa modem, namun lebih banyak yang tidak membawa, sementara panitia tak mempersiapkan kebutuhan untuk koneksi internet.

Saya berpikir, masa hotel sebesar ini nggak ada fasilitas hotspot? Jadi, saya coba aja aktifkan koneksi wireless laptop, cari-cari sinyal access point dan ketemu SSID “SuperWiFi-SIM”. Langsung deh terkoneksi, tanpa perlu passwod. Lalu saya buka aplikasi browser, dan saya diminta memasukkan user dan password. Sampai disini saya masih belum ngeh klo saya sudah punya user dan password. Bertanyalah saya pada petugas hotel, apa user dan passwordnya. Sama petugas hotel dibilangin kalau mau pakai SuperWiFi-SIM harus pakai kartu dari Indosat. Barulah saya teringat sms dari 363 yang berisi user dan password. Saya masukkan user dan password dan mulailah saya berselancar dengan LANCAR di dunia maya. OK, saya sudah bisa akses internet, lalu bagaimana dengan peserta? Apakah user dan password ini bisa dipakai di lebih dari satu komputer. Saya minta saja salah satu peserta untuk mencoba menggunakan user dan password saya, dan ternyata tidak bisa.

Saya lalu menghubungi panitia dan mengatakan bahwa peserta butuh koneksi internet yang bagus dan tidak semua memiliki modem. Ada koneksi yang bagus denganIndosat Super Wi-Fi , namun tak semua peserta punya user dan password.

Tak lama setelah saya melapor, salah satu panitia masuk ke ruang kelas. Membawa 5 buah kartu perdana IM3 untuk dibagikan pada peserta. Padahal pesertanya ada 52 orang. Ya, jadilah dibentuk kelompok-kelompok. Dan ternyata cukup banyak juga peserta yang pakai kartu indosat di handphonenya. Lalu panitia menjelaskan cara untuk mendapatkan user dan password supaya bisa akses internet dengan Indosat Super Wi-Fi, yaitu :

  1. kirim SMS ke 363 dengan isi sms SUPERWIFI
  2. tunggu beberapa saat, akan ada balasan dari 363 yang berisi user dan password
  3. koneksikan wireless laptop ke SSID   SuperWiFi-SIM
  4. buka browser
  5. masukkan user dan password
  6. selamat menikmati akses internet super cepat secara GRATIS

Masalah koneksi internet peserta beres. Kini saya tinggal nungguin mereka mengerjakan tugas. Sambil berselancar, akses youtube dan download film anak-anak. Senyum-senyum sendiri membayangkan saat saya pulang nanti, anak-anak pasti senang dioleh-olehi banyak film kartun. Sambil sesekali mengontrol pekerjaan peserta.

Alhamdulillah, peserta juga dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Dan inilah beberapa capture gambar media pembelajaran yang berhasil dibuat oleh peserta

bdg1   bdg2

Tiga hari di Lembang, saya puas-puasin akses youtube, baik di kelas disela-sela mengajar mapun saat di kamar. Yah, harap maklum saja, dikantor saya di malang, akses ke youtube di blokir. Alhamdulillah, dengan Indosat Super Wifi saya dan peserta sama-sama senang. Panitia juga senang karena target pelatihan terpenuhi.

 

Iklan

23 thoughts on “[Indosat Super Wi-fi] Koneksi Lancar Diklat Sukses

    1. hehehe ini juga setelah beberapa kali baca syarat dan ketentuannya, baru agak paham. Coba aja bikin tulisan, ya mudah2 an aja sudah sesuai prosedurnya 🙂

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s