PengalamanKu

Seminggu Menjalani Karantina di Jakarta

Hari kedua di Jakarta, tetap aja duduk manis didepan laptop dalam kamar. Ditemani berbotol-botol aqua dan berbagai macam camilan. Kalau pegal, jalan2 sebentar ke teras, atau merebahkan diri di kasur. Inilah godaan terbesar kalau kerja dalam kamar hotel, kasur yang memanggil-manggil untuk ditiduri.

Yah, seminggu ini saya bakal berada di Jakarta (17 – 24 Mei) tepatnya di hotel Patrajasa, kompleks pertamina learning centre di daerah Simprug. Jadi yang diJakarta dan pengen ketemu silakan merapat ke sini (sok terkenal banget gpp lah hehehe), soalnya saya nggak bisa kemana-mana, tapi klo dikunjungi gpp.

Ngapain saya di Jakarta?

Ada kerjaan dikit. Membantu mensukseskan program kemdikbud untuk masalah Uji Kompetensi Guru (UKG). UN kemarin ada masalah dan bikin citra kemdikbud jadi jelak, ditambah kurikulum 2013 juga masih ada beberapa masalah plus jadi pertentangan disana-sini. Nah, jangan sampai UKG ini nantinya juga bermasalah. Makanya saya dan beberapa teman dari Malang didatangkan ke Jakarta ini untuk membantu digitalisasi soal2 UKG.

Kerjaan saya, convert soal2 yang telah disusun dari word ke excel. Memisahkan gambar-gambar yang ada.  Lalu menyesuaikan antara kisi-kisi dan soal, memberikan kode untuk tiap soal. Mengubah format file ke .csv dan memasukkan ke sistem ujian online. Sepertinya gampang, tapi dibutuhkan ketelitian dan kecermatan. dan satu lagi KESABARAN. Apalagi jika paket soal lebih dari satu dan disusun oleh orang yang berbeda. Harus membaca satu-satu untuk menyesuaikan dengan kisi-kisinya.

Lokasi kerjanya di kamar aja. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Abis subuh dah asyik di depan laptop. Untuk akses ke server, pakai jaringan internet.

Klo pakai jaringan internet, kenapa harus ke Jakarta? Apa dari Malang nggak bisa?

Bisa, sangat bisa. Tapi klo dikerjakan diMalang, pasti banyak gangguannya. Dan ngerjainnya hanya di jam kantor. Dari rumah nggak mungkin bisa, lebih enak main sama anak-anak. Itulah makanya kami dikarantina di Jakarta ini. Biar fokus, kerja siang malam, supaya segera selesai. Karena tanggal 27 harus sudah bisa diakses oleh para guru di seluruh Indonesia. Ini aja udah banyak yang protes dari para guru, karena jadwal pelaksanaan UKG mundur dari rencana semula.

Semoga aja kerjaan ini bisa selesai tepat waktu, syukur2 sebelum jumat udah selesai, jadi sempat jalan2 di Jakarta.

 

Iklan

12 thoughts on “Seminggu Menjalani Karantina di Jakarta

    1. ukg fungsinya untuk pemetaan kemampuan guru dan menentukan diklat apa yang diperlukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuannya. UKG diperuntukkan bagi guru yang sudah tersertifikasi

    1. mbak maafkan aku tak sempat datang menengok sampai hari terakhir, ternyata hari ini pun tak bisa keluar sebentar
      semoga masih ada kesempatan lain kali ya

  1. Mbaaak, selamat kerja keras ya…smoga apa yang mbak kejakan sekarang, mudah-mudahan akan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia di masa datang.
    Kebayang deh seharian berkutat di kamar hotel.
    Tapi betul juga pertimbangannya, karantina memang agak membuat kita tersiksa, sEminggu pula…tapi Insya Allah, manfaatnya akan banyak 🙂

  2. Terima kasih Babang dan Dedek tuk melepas mama di karantina di Jakarta demi kemajuan pendidikan di Tanah Air. Selamat berkarya Jeng Naniek. Salam

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s