NaylaKu

Kalau di tv Bisa, Ma

Sore hari, ada bunglon mampir dihalaman. Anak-anak antusias mengamati makhluk yang seperti cicak tapi badannya besar itu. Si bunglon juga anteng aja diamati sama anak-anak, padahal mereka ribut membahas tentang hewan itu

IMG00169-20120527-1709

Karena si bunglon diam saja, maka dd pun mulai bertanya pada saya

“Dia itu nggak bisa ngomong ya, Ma”

“Nggak, dek. Bunglon itu kan hewan. Hewan itu nggak bisa ngomong. Yang bisa ngomong kan manusia”

“Kalau di tv bisa, Ma”

***

Kadang dilema juga saat memutuskan bahwa anak-anak boleh menonton TV. Disatu sisi, dengan menonton TV mereka bisa banyak belajar. Kosakata bertambah. Mereka bisa menilai itu orang baik atau tidak. Dengan pendampingan orang tua, mereka jadi tahu mana yang bisa ditiru dan mana yang harus dihindari. Mereka mulai bisa membandingkan mana yang khayalan dan mana yang benar-benar ada dikehidupan nyata.

Walau tak dipungkiri juga, dari banyak literatur hasil penelitian, lebih banyak yang menyoroti sisi buruk pengaruh tayangan tv dibanding sisi baiknya.

Seperti juga benda-benda lain, tv bisa membawa pengaruh baik ataupun buruk tergantung pada kita, sebagai pelakunya. Kita mau mengambil yang baik, maka dibilang tv membawa pengaruh baik. Kita menirukan yang tidak baik, maka dibilang tv membawa pengaruh buruk.

Jadi mesti pintar-pintar menyeleksi tayangan. Mesti banyak meluangkan waktu untuk menemani anak2 menonton tv. Mesti sering mengajak anak ngobrol mengenai apa yang ditontonnya saat kita tak bisa menemani.

Iklan

10 thoughts on “Kalau di tv Bisa, Ma

  1. teman kantor lama, anaknya selalu ngomongin soal Nenek Lampir, Setan apalah dan lainnya.. efek TV yang gak bagus. apalagi untuk acara-acara Indonesia punya. banyak yang gak bagus jika ditonton anak-anak tanpa bimbingan.

  2. itulah pentingnya ortu belajar banyak hal ya mbak, ketika ngadepin anak yg smart luar biasa jadi bisa tetap mengimbanginya… dan tetap bisa membimbingnya dengan baik… .

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s