PengalamanKu

Senjata Makan Tuan

Dalam perjalanan menggunakan mobil, tiba-tiba babang minta minum. Alhamdulillah sudah mempersiapkan bekal, beberapa botol air mineral. Karena baru dibeli sebelum berangkat, otomatis masih tersegel plastik. Saya buka segel plastiknya, buka penutup botolnya dan menyodorkan pada babang. Selesai babang minum, saya buka kaca jendela mobil, niatnya mau buang sampah plastik segel tadi. Namun niat itu dengan segera diurungkan setelah dd protes

“Pa, mama buang sampah sembarangan”

Ini akibat kami selalu meminta anak-anak membuang sampah ditempat sampah kalau di rumah.

***

Sore hari, seperti biasa sambil nunggu waktu maghrib kami kumpul di ruang tengah, menikmati sajian acara televisi, kadang kartun, kadang berita. Kadang ada juga camilan disitu. Suami lebih suka nonton TV sambil tiduran. Kadang tak sengaja tangan meraih camilan dan langsung dimasukkan ke mulutnya. Si dd yang melihat langsung protes, dan langsung membuat suami bangkit dari tiduran

“Ma, coba liat, papa tu maemnya sambil tidur”

Ini akibat kami selalu mengajarkan anak2 untuk duduk tenang pada saat makan

***

Jadi orang tua itu memang berat ya. Anak-anak selalu melihat apa yang kita lakukan, mencocokkan dengan apa yang kita ajarkan pada mereka. Jika tak sesuai dengan segera mereka langsung protes. Mati kutulah kita. Jika kita jawab, dengan berbagai alasan, maka lain kali mereka juga akan menjawab dengan berbagai alasan pula jika kita tegur.

Beda dengan jaman saya kecil dulu, jika melihat ketidaksesuaian antara yang dilakukan dan dikatakan oleh kedua orang tua saya, saya dan saudara-saudara nggak ada yang berani protes. Protesnya cuma dalam hati sendiri-sendiri. Atau saling membicarakan dibelakang orang tua.

Jika kita ingin anak-anak kita jadi baik, memang kita harus merubah diri dulu untuk menjadi baik. Agar tak di cap bisanya cuma omog doang. Masalah-masalah yang sepertinya sepele, namun membawa dampak besar pada karakter mereka kelak.

Iklan

7 thoughts on “Senjata Makan Tuan

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s