PengalamanKu

Uji Kompetensi, Saatnya Unjuk Kemampuan Diri

Hari ini, saya dinas luar lagi. Tapi kali ini nggak jauh-jauh amat, cukup satu jam perjalanan dari kota malang dengan angkutan darat. Saya didaulat jadi penguji untuk Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) bidang Multimedia di SMK 2 Sukorejo, Pasuruan.

IMG03384-20140219-0721

Bagi anak-anak SMK kelas 3, memang februari-maret ini adalah masanya mereka menjalani ujian akhir. Tak seperti anak SMA yang harus menempuh UN, maka anak SMK harus menempuh UN dan UKK sebelum dinyatakan lulus dari pendidikannya.ย Untuk UN nya, akan dilaksanakan bersamaan dengan SMA, yaitu mulai 14 April 2014. Sedangkan untuk UKK, sekolah dapat memilih waktunya, dari pusat hanya diberi rambu-rambu mulai pertengahan februari sampai pertengahan Maret 2014.

UKK ini berupa tugas mandiri, kalau untuk Multimedia, waktunya adalah 20 – 24 jam, Jadi sekitar tiga hari untuk menyelesaikannya. Lama? sepertinya iya, tapi tiga hari itu bisa jadi nggak cukup untuk mengerjakan jika siswa tak mempersiapkan diri dengan baik.

Untuk bidang Multimedia, ada empat variasi soal yang dapat dipilih yaitu :

  • Membuat iklan layanan masyarakat
  • Membuat film dokumenter
  • Membuat media pembelajaran interaktif
  • Membuat video company profile sekolah

Nah, dari pilihan variasi soalnya, ketahuan kan kenapa waktu mengerjakannya sampai tiga hari. Dan mengerjakannya juga nggak hanya dengan duduk diam dimeja. Tapi mereka harus melakukan syuting yang lokasinya mereka sendiri yang menentukan. Jika perlu, setting malam hari, berarti mereka harus melakukan syuting dimalam hari. Jadi waktunya bisa jadi melebihi dari 20-24 jam. Belum lagi harus antri, karena kamera disekolah jumlahnya terbatas.

Rata-rata, anak-anak disini memilih soal pertama, yaitu membuat iklan layanan masyarakat. Siapa aktor pemerannya? Ada yang teman-teman sekelas, satu sekolah, adik/kakak, tetangga, bahkan orang tuanya. Lokasinya juga bermacam-macam, ada yang disungai, dirumah, jalan raya, pasar.

Saya datang hari ini pada saat anak-anak sudah memasuki tahap editing produknya. Jadi tentu saja mereka duduk manis diruang lab. Asyik dengan layar monitor masing-masing. Headset terpasang ditelinga, mata menatap layar monitor, tangan kanan klak-klik mouse.

Aspek yang dinilai, mulai dari persiapan, proses selama mengerjakan, hasil kerja, sikap kerja dan ketepatan waktunya. Masing-masing aspek sudah ada indikatornya, jadi memang detail sekali penilaiannya.

Jadi UKK ini memang waktunya bagi para siswa untuk menunjukkan kemampuan dirinya, apa yang telah mereka pelajari selama dibangku sekolah ditumpahkan semua dalam mengerjakan UKK ini. Setelah produknya jadi, mereka juga harus mempresentasikan hasilnya.

Selamat ber UKK untuk anak-anak kelas tiga. Semoga hasilnya memuaskan!

Iklan

15 thoughts on “Uji Kompetensi, Saatnya Unjuk Kemampuan Diri

    1. betul, karena UKK ini beda-beda untuk tiap jurusan. Klo ditata busana harus buat baju, mulai desain, cari bahan sampai jahitnya. dikecantikan kayaknya paling asyik, bisa request jadi model untuk didandani hehehe. Jadi klo pas ke salon penuh, cari aja smk yang ada jurusan kecantikan, menyediakan diri untuk jadi model ๐Ÿ™‚

    1. iya, ini satu kelas, 28 anak aja hasilnya udah variatif, nggak ada yang sama idenya, gimana klo seluruh indonesia? Harusnya hasilnya di kasih liat ke kementrian yang ngurusi industri kreatif, kali aja ada yang bisa dipasarkan

  1. Dengan kompetensi seapik ini tak heran lulusan SMK siap berunjuk diri di dunia kerja, ayo siswa saatnya parade kemampuan diri. Selamat bekerja tuk Jeng Nanik. salam

  2. Membuat iklan layanan masyarakat
    Membuat film dokumenter
    Membuat media pembelajaran interaktif
    Membuat video company profile sekolah

    Waaahhh … mengasyikkan sekali … mereka bisa mengeksplorasi pengetahuan multymedianya dengan optimal …

    bagaimana kalau ditambah … membuat film pendek Mbak ?
    terlalu sulit ya ?

    Salam saya Mbak Nanik

    (18/2 : 8)

  3. Senang melihat kemajuan pendidikan jaman sekarang
    Semua memang harus melek internet ya Jeng
    Kepandaian di bidang multimedia juga bisa dimanfaatkan untuk mendulang rejeki
    Salam hangat dari Surabaya

  4. karena pendidikan kejuruan jadi harus benar2 trampil lulusannya ya mbak… semoga anak2 berhasil melaks UKK dg baik & dapat dijadikana bekal hidup mereka kelak ๐Ÿ™‚

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s