PengalamanKu

Upin Ipin vs Si Entong

Kali ini pengen bikin ulasan dikit mengenai dua film kartun yang sering saya tonton bersama anak-anak, yaitu Upin Ipin dan Si Entong versi animasi.

Upin Ipin pertama saya kenal tahun 2007. Kenal dari dikasih filenya sama teman kuliah. Tanggapan pertama sih, keren banget animasi buatan negeri tetangga ini. Secara saat itu saya lagi pengen belajar buat model-model karakter animasi untuk tugas kuliah, lihat film itu jadi membayangkan andai saya dan teman-teman nanti bisa membuat karya yang seperti itu.

upindanipin

Tema-temanya juga sederhana, kehidupan sehari-hari. Upin Ipin anak yatim piatu, diasuh oleh neneknya. Bersama mereka, tinggal pula kak Ros, kakak dari Upin dan Ipin. Kenakalan atau kita sebuat saja keusilan anak-anak yang khas, yang sering membuat kak Ros jengkel. Di beberapa episode juga dapat diambil pelajaran tentang kerja sama Upin Ipin dan teman-teman sekolahnya.

Si Entong versi animasi, buatan negeri sendiri. Secara teknik animasi, menurut saya tak kalah dengan Upin Ipin. Keren deh karya anak-anak negeri kita ini, nggak kalah lah ama buatan negeri tetangga. Baik tetangga dekat maupun tetangga jauh. Dari segi tema, nah ini yang kurang pas menurut saya. Hampir ditiap episode, digambarkan adanya tokoh antagonis, si Memed, yang ingin selalu mengusili/mencelakai si Entong. Walau bagaimana pun caranya, tetap saja si Entong yang beruntung, bisa lolos dari aneka rekayasa dari si Memed.

si entong

Anak-anak saya pun bisa tahu perbedaan ini. Mereka sering bilang “Kok si Memed gitu sama si Entong?” Yang harus saya imbangi dengan pelan dan panjang lebar, bahwa sikap si Memed itu tidak baik dan tidak boleh ditiru.

Menurut saya, bakal lebih keren deh kalau tema-tema dalam si Entong mulai diubah, jangan mindsetnya kayak sinetron kita. Ada yang selalu dianiaya, ada yang selalu menganiaya.

 

Iklan

29 thoughts on “Upin Ipin vs Si Entong

  1. setuju, saya kalau nonton upin ipin komennya ga ribet, serasa nonton dunia anak,
    kalau si entong, harus selalu ngasih penjelasan, ‘itu ga boleh dicontoh’,

  2. Harusnya seperti cerita negeri tetangga, dari kehidupan sehari-hari banyak yang menarik kok. Kenapa mesti ada tokoh antagonis dan parahnya film ini di konsumsi oleh anak-anak sehinga secara tidak langsung akan mempengaruhi psikologis anak yang menontonnya…

  3. Aq belum pernah lihat film ini mbak, namun apresiasi dan kreatifitas anak negeri patut diacungi jempol. Kenapa harus ada tokoh antagonis atau tokoh2 yang lainnya, mungkin agar cerita film si entong berjalan dan kita bisa mengambil pelajaran dari masing2 karakter tokohnya.

    1. coba download dari youtube mas. klo di tv juga nggak tahu pastinya tayang hari apa dan jam berapa.
      Ya mungkin harapannya seperti itu, cuma karena ini buat konsumsi anak-anak, jadi menurut saya kurang pas

  4. belom pernah nonton si Entong juga, bener ya emang kayaknya kalo temanya upin ipin itu sederhana banget dan gak aneh-aneh sampe ada orang jahat bener. Semoga pembuatnya si Entong ini membaca dan mengubah temanya.

  5. Setuju. Saya cuma beberapa kali nonton si Entong karena memang temanya nggak terlalu cocok untuk anak-anak yang masih kecil. Beda kalau nonton Upin Ipin, benar-benar menggambarkan dunia anak yang sederhana tapi penuh keceriaan.

    Eh, salam kenal ya….

  6. atooo.. to.. atooo,,, hehe
    saya juga penggemar film negeri tetangga itu… adik2 saya juga,, hehe
    berkaitan dengan film si Entong, iya ya seharusnya harus diubah deh temanya..

  7. Film seri anak2 yg ada di mnc jg gtu,sll ada tokoh yg jahat. Pdhl se simple ipin upin,yg berumur pun seneng nonton ya? Lagipula,dlm khdupan nyata,tokoh antagonis di umur sgitu ga ada toh.

  8. Belum pernah nonton si entong, tayang di tv mana ya? Iya itu jeleknya film buatan negeri sendiri, selalu ada yg teraniaya dan menganiaya. Tokohnya pun itu2 aja. Tidak mendidik. Syang sekali klo film utk anak jg msh seperti itu

  9. Gak tau ya knp gitu? Sinetron indo ada antagonis, eh ga taunya di film anak ada jg.. Emang bnr tuh.. Lbh aman nonton upin ipin, ga perlu lah nonjollin antagonisnya… Di upin ipin dunia anak bgt, yg polos, ceria, lucu, dan pertemanan dan persaudaraan yg kompak, tetep aja seru ditontonnya yaa hehehe…

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s