PengalamanKu

Datanglah ke Bandara Lebih Awal

Pagi ini, saya berangkat ke Jakarta, lewat bandara Abdul Rahman Saleh di Malang, menggunakan Sriwijaya. Terjadwal, pesawat berangkat jam 08.40. Karena suami masih di Sumatra dan ART saya jam 07.15 baru datang, ditambah waktu nunggu taksi datang ke rumah, jadilah setengah 8 lewat saya baru berangkat. Hampir jam 8 baru sampai bandara, nunggu teman seperjalanan sebentar, barulah saya masuk. Dari pengeras suara, terdengar pengumuman bahwa pesawat Sriwijaya sudah datang dari Jakarta. Wah berarti bakalan tepat nih nanti 08.40 terbang.

Bergegas kami menuju counter chek in, dan ternyata antriannya panjang banget. Hampir setengah sembilan baru kami dapat boarding pass, dibelakang saya masih ada beberapa orang yang mengantri. Bayar retribusi, habis itu langsung ada pengumuman suruh naik pesawat. Wah ngepres bener waktunya.

Pas udah dalam pesawat, kok ditunggu-tunggu lama nggak terbang-terbang juga. Nggak ada pengumuman apa-apa. Para penumpang udah mulai resah dan gelisah. Pas ada pramugari lewat, penumpang di depan saya menghentikannya, bertanya ada apa kok nggak segera berangkat. Pramugarinya bilang bahwa masih nunggu penumpang. Ada penumpang udah check-in tapi dicari-cari diruang tunggu kok nggak ada. Oh, baik hati banget nih kru maskapai pikir saya. Walau jengkel juga, udah tau jadwalnya 08.40 kok malah menghilang, ditinggal aja.

Setelah ditunggu beberapa saat, tidak ada penumpang yang masuk, akhirnya pintu ditutup. Dan terbanglah pesawat yang saya tumpangi.

***

Tulisan ini sebenarnya juga mengingatkan diri saya sendiri, agar jangan mepet-mepet datang ke bandara. Di tiket saya tercantum, check-in dibuka 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan, ditutup 30 menit sebelum keberangkatan. Tapi nyatanya, tadi bahkan menjelang jadwal berangkat pun, masih ada penumpang yang check-in.

Teman seperjalanan saya bahkan pernah ketinggalan pesawat, datang 15 menit sebelum jadwal keberangkatan, dan sudah nggak boleh check-in. Nah ini baru yang bener menegakkan aturan. Kalau ada yang tertinggal ya resiko penumpang sendiri.

Tapi emang sih, berdasar pengalaman saya, bandara-bandara dikota-kota kecil, tetap menerima check-in penumpang walau waktunya sudah mepet. Inilah salah satu penyebab pesawat jadi terlambat beberapa menit.

 

6 thoughts on “Datanglah ke Bandara Lebih Awal

  1. iya, kalau di SoeTa udah ga bakal boleh chek in,
    tapi di daerah, kadang malah di telpon sama petugasnya udah nyampe mana penumpangnya, memungkinkan ditunggu, ga baru ditinggal.

  2. Benar, mbak, apalagi sekarang untuk check in dan bayar P2JPU antriannya panjang. Kalau datangnya mepet dengan jadwal keberangkatan, bisa menyusahkan petugas dan penumpang lain yang sudah boarding.

Silakan meninggalkan jejak

