TutorialKu

Membuat Kalender Sendiri Yuuuk….

Tahun 2015 sudah memasuki hari ke 9, tapi di rumah saya belum ada kalender baru. Mumpung dikantor belum ada kerjaan, jadilah saya utak-atik aja bikin kalender sendiri. Kalau bikin kalender sendiri, kita bisa milih foto-foto yang mau kita pajang di kalender. Asyik kan kalau kalendernya isinya foto sendiri. Bisa juga dijadikan hadiah lho.

Banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat kalender sendiri. Dan kali ini, saya akan berbagi bagaimana saya membuat kalender dengan menggunakan salah satu aplikasi tersebut. Aplikasi yang saya gunakan adalah Photo Calendar Maker, bisa di download disini. Setelah download, silakan diinstall aplikasinya. Setelah diinstal, terus dijalankan. Beginilah tampilan awalnya pada saat aplikasi dibuka

tampilan awal

Selanjutnya, Lihat setting di bagian kanan. Silakan pilih tahun, yang pastinya 2015. Klik select style untuk memilih bentuk kalender yang akan kita buat

styleStylenya ada bermacam-macam. Bisa dilihat-lihat dulu sebelum memutuskan untuk memilih. Kalau saya pilih yang Monthly, karena tulisannya bisa lebih besar, dan juga tiap bulan kita bisa memasang foto yang berbeda. Tahun 2015, bulan Januari, style Monthly. Klik Make Calendar. Dan inilah hasilnya

januari

Fotonya masih foto default bawaan aplikasi, Sekarang kita ganti deh fotonya. Klik gambar camera, lalu pilih foto yang akan kita tampilkan di kalender

ganti foto

Jika sudah, maka foto akan berganti

fotobaru

Langkah selanjutnya adalah mengisi tanggal merah. Pengennya sih semua dibuat jadi merah, jadi bisa libur terus 🙂 Untuk mengisi hari libur, klik Edit holidays di menu sebelah kanan. Lalu pilih bagian mana yang akan di edit. Masukkan keterangannya libur dalam rangka apa, tanggal berapa. Kalau sudah klik aja bagian yang dikasih caption merah. Setelah itu, jangan lupa klik Make Calendar

editliburlengkap

Kita bisa juga memberi keterangan tentang hari libur tersebut. Klik saja huruf A dibagian atas.

keterangan

Kalau sudah, klik OK. Lalu atur posisi tulisannya. Biasanya dibagian bawah.

Biar hasilnya lebih bagus, beri frame pada kalender kita. Caranya bisa dilihat digambar berikut

pilihframe

Dan…. jeng jeng…. Inilah hasil akhirnya. Tinggal di cetak aja.

januari

februari

Maret

Demikian sedikit tutorial untuk membuat kalender sendiri. Secara basicnya demikian. Bagi yang mau utak-atik lagi dipersilakan. Kita bisa menambahkan title (misal tahun sekarang), bisa mengubah warna background juga. Selamat mencoba. Selamat berkreasi. Jangan segan untuk bertanya jika menemui masalah.

Catatan : Karena ini aplikasinya versi free, jadi nggak bisa buat menyimpan hasilnya. Kalau mau dicetak, dicapture saja hasil yang ada dilayar. Atau kalau mau cari crack serial numbernya dipersilakan.

Iklan

22 thoughts on “Membuat Kalender Sendiri Yuuuk….

  1. Wah, keren banget, mbak!
    Disini foto-foto keluarga kita bisa jadi pengingat menarik yang bikin kita tambah semangat menapaki hari.
    Nanti saya tunjukin ke Risa deh, kayaknya dia yang lebih memungkinkan buat mencoba aplikasi kalender ini…hehe
    Selamat juga buat tampilan blog barunya, mbak Nanik.
    Makin sukses juga buat semuanya…
    🙂

  2. asyik banget punya kalender dari foto2 koleksi sendiri …
    tapi kalik print harus ke rental ya, nggak punya printer buat kertas tebal sih

    babang sama dedek udah gede aja, lama ngumpet sih Nanik, kemana aja?

    1. Kalau saya cetak di kantor, pakai kertas buat sertifikat . Bisa juga cetak di studio foto, jadi ukurannya bisa kita pilih.
      Hehe. … iya nih, dah 2 tahun ini, trendnya ngebut diawal sampai pertengahan tahun. Pertengahan sampai akhir tahun blong. Smg tahun ini bisa konsisten sampai akhir tahun

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s