PengalamanKu

Pakai Baju Apa Hari ini?

Awal bulan ini saya banyak nemu status yang sama dari teman-teman kantor. Status FB, WA dan juga BBM, intinya adalah kegalauan, bahwa sekarang ini, mau pergi ke kantor aja harus mikir pakai baju apa. Ini gara-gara sudah resmi ada surat edaran dari pimpinan yang mengatur tentang penggunaan seragam

pengumuman

Ketentuan ini mulai diberlakukan 1 februari kemarin. Jadi senin, sudah banyak yang pakai baju putih. Saya sih belum, karena saya baru tahu pengumumannya pas hari senin itu. Terus hari selasa, banyak juga yang memakai baju adat. Saya? belum juga. Karena nggak punya. Tapi Rabu ini saya pasti pakai batik lah

madura

Beberapa teman kantor yang mengenakan pakaian adat pada hari selasa
Beberapa teman kantor yang mengenakan pakaian adat pada hari selasa

Sebenarnya, dari awal tahun ini, saya sudah dapat kiriman gambar teman-teman di instansi lain, dibawah kemdikbud. Gambar-gambar mereka pakai seragam putih saat ke kantor. Kalau pas keluar kantor di jam kantor juga sering papasan dengan orang yang mengenakan baju putih.

Karena biasanya, orang-orang di instansi saya ini selalu menolak yang namanya seragam, jadi saya ya tenang-tenang saja. Walau sudah tahu bahwa ada instruksi dari pusat bahwa ada pengaturan pakaian seragam kerja. Tapi sekarang, karena pimpinan di instansi sudah meneruskan instruksi dari pusat dengan membuat edaran pengaturan penggunaan seragam, mau tak mau, saya pun harus mematuhinya.

Baju putih jaman prajabatan dulu masih ada, tapi sudah nggak muat lagi dipakai. Jadilah kemarin saya harus belanja baju putih. Baju adat? Punya sarung songket dari palembang dan bengkulu. Selama ini tersimpan rapi dilemari. Jadi kini waktunya simpanan kain itu dikeluarkan.

Baju kebaya? Cuma punya kebaya satu, belum dicoba masih muat atau tidak. Jadi sepertinya harus cari juga nih.

Pro kontra pasti ada dong. Kalau kebayaan, kan malah jadi ribet. Pergerakannya lambat. Yang lelaki juga kalau harus pakai jarik nggak bisa tangkas trengginas, padahal kerjanya di bengkel. Masa iya, bongkar mesin mobil pakai surjan? Masa iya masah kayu pakai jarit?

Terlepas dari pro dan kontra, pimpinan sudah menentukan, bawahan ya tinggal sendiko dhawuh saja.

21 thoughts on “Pakai Baju Apa Hari ini?

  1. Agak kelihatan ribet ya Mbak, saya juga pernah melihat surat edaran buat bapak dan ibu saya yang PNS, mungkin biar kelihatan kompak dan kece kali yang mbak 🙂

  2. Wahhh aku paling suka banget kalo seragamnya ganti-ganti gitu 😀 Terasa banget cinta Indonesia, apalagi batik dan kebayanya. 😀

    Tapi kayanya soal seragam gak bakal tahan lama deh.

Silakan meninggalkan jejak

