Parenting · SatriaKu

Menumbuhkan Kreativitas dan Jiwa Wirausaha Anak

img_20170113_170630

-Babang sedang asyik membuat komik-

“Bagaimana, Ma. Lukisanku sudah ada yang pesan?”

“Belum ada, Bang”

“Yah, kok nggak ada yang mau beli sih. Lukisanku jelek ya, Ma?”

“Mungkin mereka belum membutuhkan, Bang. Kan kita juga kalau beli sesuatu sesuai kebutuhan, bukan cuma karena keinginan” Saya mencoba membesarkan hatinya.

Akhir-akhir ini, babang sedang senang melukis menggunakan cat air. Biasanya dia pinjam hp saya, minta bantuan paman google mencari gambar sketsa yang diinginkan, lalu mencontek gambar sketsa itu. Setelah itu, dia mulai mewarnai dengan cat air, mencoba mencari warna baru dengan mencampur beberapa warna. Bila selesai mewarnai, dia akan meminta saya untuk memotretnya lalu upload di IG atau FB saya.

img_20170114_191857

-Salah satu karya Babang “Burung yang hendak mematuk serangga”-

“Tawarkan ya, Ma. Bilang harganya 10 ribua aja”

Maka, saya pun memotret beberapa gambarnya, lalu upload di IG dan juga FB. Dan mulailah “drama” itu, setiap saya pulang dari kantor, selalu ditanya apakah ada yang mau membeli lukisannya.

Setelah beberapa hari, belum ada yang berminat dengan lukisannya, maka babangpun merubah “cita-citanya”. Dia tak mau lagi jadi pelukis. Kini keinginannya beralih, yaitu menjadi penulis cerita anak. Maka, pada suatu sore sepulang kerja, saya dapati dia sedang tekun dengan bukunya. Saya biarkan aja dia bekerja. Selesai bekerja, dia tunjukkan hasilnya pada saya.

img_20170113_170537

-Karya sederhana, yang penting sudah bisa buat alur cerita-

img_20161121_122607img_20161121_122629img_20161121_122701img_20161121_122705

Saya berusaha tetap menyemangati babang, walau sampai sekarang dari aktivitasnya itu belum bisa mendatangkan uang. Padahal saya pun tak pernah menuntut babang untuk bisa menghasilkan uang. Tapi si bocah sendiri yang sadar bahwa keinginannya untuk bisa travelling ke tempat-tempat yang jauh dan menarik minatnya itu membutuhkan biaya, jadi dia harus menabung sejak sekarang.

Semoga saja, seiring bertambahkan waktu, makin bagus juga hasil lukisan dan tulisannya. Semoga babang akan menemukan sesuatu yang bisa diperdagangkannya dan dapat menghasilkan uang

img_20170114_182013

-Biarkan mereka asyik berkarya, emaknya nungguin aja sambil ngemil jagung rebus-

Iklan

6 thoughts on “Menumbuhkan Kreativitas dan Jiwa Wirausaha Anak

  1. Wah, si Babang hasil karyanya keren ya. Terus dilatih ya Babang, warnanya juga sudah pas nggak keluar garis. Semangat ya Babang . Salam dari jauh Pekanbaru. Blogwalking mbak, numpang lewat. Salam kenal juga mbak

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s