PengalamanKu

Belajar dan Mengajar, itulah Hidupku

Setelah berbulan-bulan vakum, bulan ini saya kembali punya tugas untuk mengajar. Nggak tanggung-tanggung, selama 2 bulan harus berkeliling ke beberapa kota. Untungnya  masih di wilayah Jawa Timur, jadi seminggu sekali masih bisa pulang. Kali ini saya mengajar untuk program keahlian ganda. Ini merupakan program dari pemerintah pusat, untuk melatih guru normatif dan adaptif dan mempersiapkan mereka untuk mengajar materi produktif di sekolah menengah kejuruan. Program ini dilaksanakan dengan sistem on-in-on-in, ada 10 modul yang harus dipelajari. Para peserta sudah menyelesaikan tahap on-1, dan kini saatnya mereka menempuh in-1 yang akan berlangsung selama 2 bulan. Iya, selama 2 bulan mereka harus meninggalkan sekolah dan anak didiknya, demi belajar ilmu baru lagi.

Kota pertama yang saya datangi adalah Kediri. Di kediri, jatah saya sampai tanggal 29 Maret, lokasinya ada di SMKN 2 Kediri. Pesertanya ada yang dari kediri, ada juga dari luar kediri, jumlahnya 17 orang. Di sini, saya mengajarkan materi pedagogik. Ada empat modul yang harus dipelajari peserta selama kegiatan in-1, yaitu :

  • Pengembangan kurikulum
  • Pengembangan rencana pembelajaran
  • Penerapan TIK dalam Pembelajaran
  • Komunikasi efektif dalam Pembelajaran

Karena mengajar guru, tentu saja metodenya berbeda dengan mengajar siswa/mahasiswa. Karena saya yakin mereka sudah pernah mendapatkan materi yang harus saya sampaikan, beberapa mungkin malah sudah menerapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Jadi ya, saya tinggal menggali lagi, mengingatkan yang mungkin lupa, menambahi yang belum ada. Jadi saya sebagai fasilitator saja.

Alhamdulillah pesertanya baik semua, beragam latar belakang pendidikan dan pengetahuannya. Keberagaman ini justru mendukung suasana pembelajaran di kelas, karena mereka bisa saling bertukar informasi, bertukar pengalaman, bertukar bahan mengajar.

Belajar dan mengajar, itulah duniaku. Belajar untuk bisa mengajar, dengan mengajar maka saya dituntut untuk selalu belajar.

Di luar kota, berarti bisa sambil jalan-jalan dong?…. Kali ini nggak bisa, karena jadwalnya padat, dari jam 07.00 sampai 17.00. Malam mau keluar juga udah males, mending tidur atau nge game di kamar.

Iklan

11 thoughts on “Belajar dan Mengajar, itulah Hidupku

  1. alhamdulillah makin kaya mbak Nanik, makin banyak ilmu dibagi makin semangat terus menambah pengetahuan
    semoga dilimpahi berkah dan pahala yang banyak mbak

Silakan meninggalkan jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s